NEWSTICKER

Index: 2022-06-30

88 result

82 Ribu Calon Haji Indonesia Sudah Tiba di Tanah Suci

82 Ribu Calon Haji Indonesia Sudah Tiba di Tanah Suci

Primetime News • 40 minutes ago

Jelang batas akhir kedatangan jemaah calon haji, sebanyak 82.437 calon haji Indonesia sudah tiba di Tanah Suci pada Jumat (30/6/2022). Seluruh jemaah calon haji kini telah berpusat di Makkah. Sementara akhir pemberangkatan jemaah haji gelombang kedua dari Tanah Air ke Jeddah dijadwalkan pada 3 Juli 2022.

Hingga Jumat (30/6/2022), jumlah calon haji Indonesia yang wafat di Arab Saudi berjumlah 16 orang. Ketua PPIH Arab Saudi meminta jemaah mulai menghemat energi jelang puncak haji.

Tambahan 10 Ribu Kuota Haji untuk Indonesia Batal Digunakan

Tambahan 10 Ribu Kuota Haji untuk Indonesia Batal Digunakan

Primetime News • 1 hour ago

Pemerintah telah menerima pemberitahuan resmi dari Arab Saudi terkait adanya 10 ribu kuota tambahan untuk haji reguler pada 21 Juni 2022 lalu. Namun hal ini belum bisa ditindaklanjuti mengingat waktu yang tersedia tidak mencukupi. 

Ada sejumlah tahapan dalam proses pemberangkatan haji sejak adanya ketetapan kuota. Pertama-tama harus melalui kesepatan di DPR yang kemudian dilanjutkan dengan penerbitan Kepres soal kuota tambahan. Kemenag juga harus memverifikasi data jemaah serta dokumen. 

Kemenag saat ini masih fokus memberangkatkan kuota yang ada agar lancar dan terserap maksimal. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief berharap tambahan kuota itu dapat digunakan di musim haji berikutnya. 

Ambruk saat Rapat Paripurna, Muhidin Said Mengaku Sempat Hilang Konsentrasi

Ambruk saat Rapat Paripurna, Muhidin Said Mengaku Sempat Hilang Konsentrasi

Primetime News • 2 hours ago

Wakil Ketua Badan Anggaran DPR Muhidin Said jatuh di lantai podium, usai membacakan laporan Badan Anggaran DPR RI dalam sidang paripurna DPR, Kamis (30/06/2022) pagi. Politikus dari Partai Golkar ini sempat tergeletak sebelum digotong ke ruang klinik. 

Insiden ini membuat suasana di Ruang Paripurna tegang. Rapat Paripurna pun sempat diskors beberapa saat. 

Saat ini Muhidin Said mengaku kondisinya sudah pulih. Muhudin menambahkan konsentrasinya sempat hilang usai membacakan hasil pembahasan RAPBN 2023. Hal itu membuat dirinya terjatuh di depan meja pimpinan DPR saat menyerahkan hasil pembahasan. 

"Saya tadi memang pada saat selesai acara merasa konsentrasi terus hilang. Tapi itu hanya beberapa saat. Saat ini sudah kembali pulih. Semoga Tuhan yang Maha Kuasa senantiasa melindungi kita semua dan tetap bekerja, berkarya untuk bangsa dan negara," ujarnya. 

Indonesia-Ukraina Sepakati Kebijakan Bebas Visa

Indonesia-Ukraina Sepakati Kebijakan Bebas Visa

Primetime News • 2 hours ago

Indonesia dan Ukraina menyepakati kebijakan bebas visa untuk berkunjung ke dua negara. Hal ini disampaikan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy usai melakukan pertemuan dua mata dengan Presiden Joko Widodo di Istana Maryinsky, pada Rabu (29/6/2022) sore waktu setempat. 

Zelenskyy menyatakan pertemuan ini sangat penting bagi dua negara untuk memajukan ekonomi, pembangunan pendidikan dan hubungan antar masyarakat. Ia berharap Indonesia dapat membantu rekonstruksi Ukraina. 

Jokowi Kunker ke Ukraina-Rusia, Ganjar: Presiden Kita Luar Biasa!

Jokowi Kunker ke Ukraina-Rusia, Ganjar: Presiden Kita Luar Biasa!

Primetime News • 2 hours ago

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak masyarakat mendoakan Presiden Jokowi dan rombongan yang tengah melakukan kunjungan kerja ke Ukraina dan Rusia. Ganjar berharap Presiden Jokowi menemukan solusi terbaik untuk mengatasi dampak konflik Rusia-Ukraina bagi Indonesia dan dunia. 

Menurut Ganjar, perjalanan Presiden Jokowi di Eropa dengan membawa misi perdamaian sesuai dengan politik bebas aktif Indonesia. 

"Kita doakan Pak Jokowi beserta Ibu dan rombongan sehat semuanya. Karena Presiden kita luar biasa," kata Ganjar usai menghadiri puncak peringatan Hari Keluarga Nasional di Kecamatan Parakan, Temanggung, Jawa Tengah. 

Presiden Jokowi dan Presiden Putin Akan Bertemu di Istana Kremlin

Presiden Jokowi dan Presiden Putin Akan Bertemu di Istana Kremlin

Breaking News • 2 hours ago nasional

Presiden Joko Widodo akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin pada Kamis siang (30/6/2022) waktu Rusia. Menurut petugas kepolisian Moskow, jalan yang akan dilalui oleh Presiden Jokowi tidak bisa dibagikan karena hal itu merupakan informasi yang tertutup. Presiden Joko Widodo diketahui akan menggunakan kendaraan untuk menuju Istana Kremlin. Kremlin sendiri merupakan kawasan yang berbentuk benteng yang sangat luas.

Sementara itu, Presiden Jokowi tidak akan menginap di Rusia. Setelah beristirahat, ia akan melakukan tes PCR dan kemudian bertemu dengan Presiden Putin di Istana Kremlin. Meskipun kasus covid-19 di Rusia sudah tidak ditemukan, tetapi Presiden Jokowi tetap diwajibkan untuk melakukan tes PCR.

Situasi Terkini Jelang Kedatangan Jokowi di Moskow

Situasi Terkini Jelang Kedatangan Jokowi di Moskow

Breaking News • 3 hours ago

Presiden Jokowi dan beserta rombongan masih dalam penerbangan dari Polandia menuju Bandara Vnukovo II di Moskow. Jokowi ke Rusia untuk membawa misi perdamaian dan bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. 

Setibanya di Moskow, Presiden Jokowi akan beristirahat di Hotel Four Seasons serta melakukan tes PCR sebelum bertemu Putin. Kunjungan Jokowi di Rusia diperkirakan akan berlangsung singkat.

Presiden Jokowi Akan Lakukan Tes PCR Sebelum Bertemu Vladimir Putin

Presiden Jokowi Akan Lakukan Tes PCR Sebelum Bertemu Vladimir Putin

Breaking News • 3 hours ago joko widodo

Presiden Joko Widodo akan melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin (Istana Kepresidenan Rusia) pada Kamis (30/6/2022). Jokowi melakukan penerbangan dengan pesawat Garuda Indonesia yang berangkat dari Polandia pada pukul 09.00 waktu setempat.

Presiden Joko Widodo akan mendarat di Bandara Internasional Vnukovo, Moskow sekitar pukul 11.00 waktu setempat dikarenakan adanya keterlambatan kedatangan ketera api dari Ukraina ke Polandia.

Presiden Joko Widodo diperkirakan tidak akan menginap di Moskow, Rusia dan hanya melakukan kunjungan untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Sebelum bertemu dengan Presiden Rusia, Presiden Joko Widodo akan melakukan tes PCR terlebih dahulu.

Presiden Jokowi dan Rombongan Telah Tiba di Hotel Four Seasons Moskow

Presiden Jokowi dan Rombongan Telah Tiba di Hotel Four Seasons Moskow

Breaking News • 3 hours ago

Presiden Joko Widodo dan rombongan tiba di Hotel Four Seasons untuk beristirahat dan melakukan tes PCR sebelum bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Kamis (30/6/2022) waktu setempat. Diketahui agenda Presiden Joko Widodo di Moskow, Rusia hanya bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. 

Selain Presiden Jokowi, Presiden Vladimir Putin juga telah menemui beberapa kepala negara membahas konflik Ukraina-Rusia. Terakhir, Putin menemui Presiden Belarus. Aktivitas politik Putin dilaporkan tetap berjalan seperti biasa.

Kasus PMK di Jakarta Semakin Meningkat

Kasus PMK di Jakarta Semakin Meningkat

Sisi Metropolitan • 3 hours ago pmk

Mendekati hari raya Iduladha 2022, penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di Indonesia terus meluas. Wabah yang menyerang hewan ternak terutama sapi ini kini sudah terdeteksi ada di DKI Jakarta pada pekan ini, Kamis (30/6/2022). Kondisi ini membuat pedagang hewan kurban maupun pembeli khawatir dengan hewan yang diperjualbelikan. 

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian daerah Jakarta Timur menemukan 12 ekor sapi yang terindikasi PMK di wilayah Condet, Pasar Rebo. Sapi tersebut kemudian dipisahkan dari hewan ternak lainnya agar tidak menyebar.

Berdasarkan informasi dari Siagapmk.id, per tanggal 29 Juni 2022 sudah ada sebanyak 393.767 hewan ternak yang terancam PMK. Jumlah tersebut berasal dari 19 provinsi dan 221 kabupaten atau kota. Angka penularan tertinggi ada di lima provinsi yaitu Aceh, Jabar, Jateng, Jatim dan NTB.

Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk meredam penyebaran wabah PMK di Indonesia antara lain melarang pergerakan hewan ternak seperti sapi ke wilayah terdampak. Selain itu ada juga pemberian 29 juta dosis vaksin untuk imunitas hewan ternak serta pergantian untuk peternak sebesar Rp10 juta per ekor sapi yang dimusnahkan. 

DPR: Kunjungan Jokowi ke Ukraina-Rusia Tanggung Jawab Berat, Perlu Diapresiasi

DPR: Kunjungan Jokowi ke Ukraina-Rusia Tanggung Jawab Berat, Perlu Diapresiasi

Breaking News • 4 hours ago

Presiden Joko Widodo dan rombongan akan segera tiba di Bandara Moskow, Rusia pada Kamis (30/6/2022) siang waktu setempat untuk melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin,

Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai Golkar, Dave Laksono menyatakan kunjungan Jokowi sebagai pembawa pesan damai ini memiliki beban dan tanggung jawab yang besar.

"Beliau mengambil suatu risiko, itu wajib kita dukung dan apresiasi dari berbagai sisi," ujarnya. 

Pertemuan antara Jokowi dan Putin diharapkan mampu mengakhiri konflik antara Ukraina dan Rusia. Pesan perdamaian diharapkan dapat diterima dengan baik sehingga permasalahan tentang kedaulatan Rusia karena agresivitas negara barat dapat dihentikan dan Indonesia bisa mendapatkan posisi yang proaktif untuk mendorong perdamaian tersebut. 

Tanpa Pembatasan, Kuota BBM Bersubsidi Habis Sebelum Akhir Tahun

Tanpa Pembatasan, Kuota BBM Bersubsidi Habis Sebelum Akhir Tahun

Metro Bisnis • 4 hours ago

Pembatasan penyaluran Pertalite dan Biosolar melalui aplikasi MyPertamina, resmi dimulai 1 Juli 2022. Tanpa ada pembatasan, kuota bahan bakar bersubsidi 2022 yang 50% lebih besar dibanding 2021 akan habis pada Oktober mendatang.

Lonjakan kuota bahan bakar bersubsidi, telah menyedot tambahan anggaran sebesar Rp380 triliun. 

Temui Zelensky & Putin, Jokowi Sampaikan Undangan Hadiri KTT G20 Bali

Temui Zelensky & Putin, Jokowi Sampaikan Undangan Hadiri KTT G20 Bali

Metro Bisnis • 4 hours ago

Selain membicarakan bantuan kemanusiaan bagi korban perang di Ukraina, Presiden Joko Widodo di dalam pertemuan dengan Presiden Volodymyr Zelensky menyampaikan undangan menghadiri KTT G20 di Bali pada November 2022. Atas undangan yang Jokowi sampaikan langsung, Zelensky belum bisa memastikan dirinya dapat memenuhi.

"Partisipasi Ukraina dalam KTT G20 Bali akan tergantung komposisi peserta dan situasi keamanan," ujar Zelensky.

Menurutnya krisis pangan dan energi global yang saat ini terjadi adalah dampak dari serangan Rusia ke Ukraina. Rusia menutup lalu lintas laut yang sangat penting bagi ekspor komoditas pertanian dan energi dari Ukraina ke berbagai benua. Penyelesaian krisis global sepenuhnya tergantung kemauan Rusia mengakhiri konflik.  

Setelah pertemuan yang berlangsung di Kiev, Jokowi terbang ke Moskow untuk menemui Presiden Rusia Vladimir Putin. Selain untuk mendorong agar Rusia segera mengakhiri konflik bersenjata dengan Ukraina yang dampaknya telah membuat banyak negara kini menghadapi kesulitan ekonomi, Jokowi akan menyampaikan secara langsung undangan kepada Putin untuk menghadiri KTT 20 Bali.

Pertemuan beruntun Jokowi dengan Zelensky dan Putin diharapkan menghasilkan resolusi damai dan memulihkan stabilitas global.

Kementan Sebut Surplus Stok Hewan Kurban Capai 469 Ribu Ekor

Kementan Sebut Surplus Stok Hewan Kurban Capai 469 Ribu Ekor

Metro Bisnis • 5 hours ago hewan kurban

Merebaknya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak dipastikan tidak mengganggu ketersediaan hewan kurban untuk perayaan Hari Raya Iduladha. Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian, Agung Suganda mengatakan stok hewan kurban dalam kondisi cukup.

Neraca ketersediaan hewan kurban 2022, proyeksi kebutuhan pemotongan hewan kurban tahun ini mencapai 1,8 juta ekor naik sekitar 9-10% dibanding Iduladha 2021. Potensi ketersediaan hewan kurban tahun ini sebanyak 2,2 juta ekor, sehingga terjadi surplus 469.638 ekor. Ketersedian hewan kurban tahun 2022, sapi sebanyak 866.677 ekor, kerbau 29.120 ekor, kambing 973.343 dan domba 409.018 ekor.

Majelis Ulama Indonesia meminta masyarakat tidak khawatir dengan PMK, MUI juga sudah mengeluarkan fatwa kriteria hewan kurban di tengah wabah PMK. Sekjen MUI, Amirsyah Tambunan mengatakan jika terdapat gejala klinis yang ringan dengang kuku mulai kelihatan lepuh, mulai keluar air liur tetapi masih terlihat kuat dan gagah masih sah untuk di kurbankan.

Kementerian pertanian dan peternakan menegaskan upaya memberantas wabah PMK telah dilakukan melalui sejumlah tindakan yaitu pembentukan gugus tugas, pengadaan vaksin hingga vaksinasi masal dan sudah melakukan sosialisasi terhadap peternak dan petugas kesehatan hewan di daerah. Kementan meminta wabah pmk disikapi dengan proporsional dan masyarakat tidak perlu ragu untuk berkurban pada Hari Raya Iduladha.

Presiden Jokowi Bertolak ke Rusia Bertemu Presiden Putin

Presiden Jokowi Bertolak ke Rusia Bertemu Presiden Putin

Breaking News • 5 hours ago

Presiden Jokowi dan beserta rombongan langsung bertolak dari Bandar Udara Internasional Rzeszow Polandia menuju Bandara Vnukovo II di Moskow. Sama dengan di Ukraina, Jokowi ke Rusia untuk membawa misi perdamaian dan bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. 

Sebelumnya Presiden mengunjungi Ukraina dengan membawa misi perdamaian yang sama. Presiden Jokowi menawarkan diri jika Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ingin menyampaikan pesan untuk Presiden Vladimir Putin. Ini juga merupakan manifestasi dukungan Indonesia untuk bisa menghentikan konflik dari kedua negara. 
Selain itu, Jokowi juga menegaskan posisi Indonesia menghormati kedaulatan dan integritas wilayah.

Layanan Darurat Ukraina Terbitkan Video Dampak Serangan  di Kota Mykolaiv

Layanan Darurat Ukraina Terbitkan Video Dampak Serangan di Kota Mykolaiv

Metro Siang • 5 hours ago

Layanan darurat Ukraina menerbitkan sebuah video yang menggambarkan dampak peperangan di Kota Mykolaiv, Ukraina Rabu (29/6/22). Petugas layanan darurat melaporkan sebanyak empat orang tewas dan dua orang terluka. Sampai saat ini, petugas layanan darurat masih membersihkan puing-puing rumah yang hancur sebelum berupaya menyelamatkan orang-orang yang terperangkap. Tenda palang merah juga didirikan di dekat lokasi untuk menawarkan dukungan kepada tim penyelamat.

Di sebuah rumah sakit Kharkiv, sejumlah perempuan di Ukraina menjaga anak-anak mereka yang sedang memulihkan diri dari luka parah akibat penembakan Rusia. Anak-anak ini termasuk diantara 32 orang yang terluka dalam serangan di kota terbesar ke dua Ukraina Senin (27/6/22) yang menyebabkan 9 orang tewas akibat penembakan. 

Pengamat: Indonesia Diharapkan Bisa Jadi Katalisator Perdamaian Ukraina & Rusia

Pengamat: Indonesia Diharapkan Bisa Jadi Katalisator Perdamaian Ukraina & Rusia

Newsline • 5 hours ago

Pengamat Hukum Internasional Hikmahanto Juwana menilai, kunjungan Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia sebagai misi perdamain dan dapat meredam konflik dari kedua negara tersebut. Tidak hanya untuk berkunjung sebagai Presiden Indonesia, melainkan selaku tuan rumah dari G20 2022. Jokowi dinilai bisa menunjukan perannya sebagai pemegang presidensi G20 tahun ini. 

Peran Ibu Iriana Jokowi juga sangat penting. Tidak hanya sebagai Ibu Negara, melainkan sebagai pendukung Jokowi. Saat Jokowi membawa Iriana, menunjukan Ukraina dan Rusia akan menjamin keamanan saat mereka tiba di Ukraina dan Rusia. 

Hikmahanto mengatakan peran Indonesia bisa menjadi katalisator proses perdamaian Ukraina dan Rusia, karena Indonesia memilih untuk netral, namun mengutuk aksi invasi Rusia. Menurutnya, Rusia ingin sekali menghentikan perang ini, namun dalam pertimbangannya Rusia tidak ingin dianggap kalah. Maka dari itu, Rusia membutuhkan Indonesia untuk bisa keluar dari permasalahan yang dihadapi. 

KTT NATO: Fokus Pendanaan dan Invasi Rusia ke Ukraina

KTT NATO: Fokus Pendanaan dan Invasi Rusia ke Ukraina

Metro Siang • 5 hours ago

Pertemuan puncak tahunan para pemimpin NATO yang berlangsung pada Rabu (29/6/22) di Madrid, Spanyol. NATO menyatakan Rusia sebagai ancaman langsung paling signifikan dalam perdamaian dan keamanan para anggotanya. Pertemuan ini menjadi pertemuan aliansi militer dalam menghadapi krisis keamanan terbesar sejak Perang Dunia II.  

NATO berjanji untuk meningkatkan dukungan politik praktis kepada Ukraina yang kini telah melawan invasi Rusia, KTT NATO turut dihadiri pemimpin Negara Jepang, Australia, Selandia Baru dan Korea Selatan. Untuk pertama kalinya mencerminkan semakin pentingnya kawasan Asia Pasifik dalam aliansi tersebut.
 

Kunjungi Kota Irpin, Jokowi Sedih saat Melihat Apartemen Lipky yang Hancur Akibat Perang

Kunjungi Kota Irpin, Jokowi Sedih saat Melihat Apartemen Lipky yang Hancur Akibat Perang

Newsline • 6 hours ago

Presiden Jokowi mengawali agendanya di Ukraina dengan meninjau Kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin, Ukraina yang hancur akibat serangan Rusia. Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich Markushin mendampingi Presiden Jokowi yang melihat puing-puing bangunan yang rusak akibat perang. Dalam tinjauan tersebut, Jokowi mengaku sedih karena banyaknya rumah warga dan infrastruktur yang rusak. Kunjungan ini dilakukan Jokowi sebelum menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. 

Ratusan Massa di Lisbon Gelar Pawai Biru untuk Pelestarian Laut

Ratusan Massa di Lisbon Gelar Pawai Biru untuk Pelestarian Laut

Metro Siang • 6 hours ago

Ratusan warga di Portugal berunjuk rasa menggelar Pawai Biru sebagai bentuk perhatian untuk pelestarian laut. Ketika PBB sedang konferensi kelautan di Kota Lisbon, Portugal. Sekitar 500 pengunjuk rasa mengadakan aksi untuk menarik perhatian para pemimpin dunia. Masa menuntut pemimpin dunia membuat keputusan terbaik untuk pelestarian laut. 

Konferensi kelautan PBB diharapkan merealisasikan 62 komitmen yang dibuat pada pertemuan di Nairobi, Kenya pada 2018 lalu, untuk melindungi negara-negara pulau kecil dengan ekonomi berbasis laut, penangkapan ikan yang berkelanjutan, dan memerangi pemanasan air laut.

Jokowi ke Zelensky: Ini Manifestasi Kepedulian Indonesia Pada Ukraina

Jokowi ke Zelensky: Ini Manifestasi Kepedulian Indonesia Pada Ukraina

Newsline • 6 hours ago

Presiden Joko Widodo mengungkapkan kunjungannya ke Ukraina merupakan manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina dan menegaskan posisi prinsip Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah pada keterangan pers yang dilakukan bersama Presiden Ukraina, Volodimir Zelenskyy di Istana Mariinsky pada Rabu (29/6/2022).

Jokowi menyampaikan bahwa meski sangat sulit dicapai, namun penyelesaian damai dan semangat perdamaian tidak boleh hilang. Jokowi juga menawarkan diri untuk memberikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin. Jokowi juga menyampaikan empati dan kepedulian terhadap dampak perang bagi kemanusiaan. Masyarakat dan Pemerintah Indonesia terus berusaha memberikan bantuan obat obatan dan perbaikan rumah sakit di Ukraina.

Pertemuan Pra KTT Youth 20 di NTB : Peran Pemuda dalam Tata Kelola & Keuangan Digital

Pertemuan Pra KTT Youth 20 di NTB : Peran Pemuda dalam Tata Kelola & Keuangan Digital

Metro Siang • 6 hours ago

Keamanan data pribadi dan keuangan digital menjadi isu utama dalam pertemua Pra KTT Youth 20 pada 23-25 April 2022 di Nusa Tenggara Barat. Y20 membahas peran pemuda dalam tata kelola digital dan keuangan digital. Menurut survei, banyak anak muda merasa resah dengan keamanan privasi data dan big data, terutama dengan maraknya pinjaman daring dan aplikasi keuangan digital. 

Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Budy Sugandi, mengatakan ada empat pra summit KTT yang dilaksanakan di Palembang, Lombok, Balikpapan dan Manokwari, yang akan mengedepankan isu lokal. Dalam hal ini, ada dua hal yang dibahas dalam Y20 di Lombok, diantaranya tidak meratanya transportasi dan pentingnya literasi untuk anak muda. Budy menambahkan ada sekitar 700 juta orang di negara berkembang terbantu dengan keuangan digital sehinggal ada goodwill untuk mengembang.

Lawatan Jokowi ke Ukraina-Rusia, Pengamat: Ini Merupakan Salah Satu Power Politics

Lawatan Jokowi ke Ukraina-Rusia, Pengamat: Ini Merupakan Salah Satu Power Politics

Metro Siang • 6 hours ago

Presiden Joko Widodo disebut sebagai pemimpin Asia pertama yang berkunjung ke Ukraina pasca infasi Rusia. Mengatasnamakan Presidensi G20, Presiden Jokowi berupaya menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan juga Presiden Rusia Fladimir Putin.

Pengamat Hubungan Internasional Asep Setiawan, mengatakan pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden Ukraina karena infasi Rusia ke Ukraina merupakan salah satu fenomena dalam hubungan internasional yang disebut dengan power politics. Presiden Jokowi dianggap memiliki pengaruh besar dalam hubungan internasional yaitu untuk menciptakan perdamaian.

Asep menambahkan, upaya Presiden Jokowi dalam misi perdamaian ini adalah dengan menciptakan pertemuan simbolik dan pendekatan antara kedua pemimpin negara untuk mendorong perdamaian. 

Polisi Tangkap 5 Anggota Geng Motor Pelaku Pembacokan di Cianjur

Polisi Tangkap 5 Anggota Geng Motor Pelaku Pembacokan di Cianjur

Newsline • 6 hours ago

Satreskrim Polres Cianjur, Jawa Barat menangkap lima tersangka anggota geng motor yang melakukan penganiayaan terhadap korban berusia 13 tahun. Penganiayaan terjadi di Jalan Selakopi, Cianjur. Korban dibacok pada saat selesai salat maghrib dan mengalami luka yang serius. 

Menurut kepolisian sebelum menganiaya, anggota geng motor tersebut melakukan aksi konvoi keliling Kota Cianjur dengan memamerkan senjata tajam. 

Warga Nagekeo Terpaksa Pikul Motor Trabas Jalan Rusak Akibat Banjir

Warga Nagekeo Terpaksa Pikul Motor Trabas Jalan Rusak Akibat Banjir

Newsline • 6 hours ago

Sejumlah warga menggotong sepeda motor yang hendak melewati jalan yang terputus akibat banjir di Desa Podenura, Kecamatan Nangaroro, dan Desa Kotodurimali, Kecamatan Keo Tengah, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur. Kerusakan jalan yang terputus akibat banjir mencapai 1 meter sehingga semua kendaraan tidak bisa melewati jalan tersebut. 

Belum ada alat berat yang turun ke lokasi tersebut hanya beberapa warga yang berusaha memperbaiki jalan agar bisa dilalui kendaraan sepeda motor. Akibat akses jalan yang terputus, warga di 16 desa Kecamatan Keo Tengah tidak bisa melakukan perjalanan menuju Kabupaten Ende untuk berjualan. Warga berharapp pemerintah setempat bisa segera membangun jembatan.

Polisi Dalami Kondisi Kejiwaan Kasus Ibu Bunuh Bayi di Bima

Polisi Dalami Kondisi Kejiwaan Kasus Ibu Bunuh Bayi di Bima

Headline News • 6 hours ago

Seorang ibu diduga mengigit bayinya yang baru berusia empat bulan hingga meninggal di Bima, Nusa Tenggara Barat. Diduga mengalami depresi berat, ibu berusia 27 tahun warga Desa Rasabou-Bolo tersebut, langsung diamankan warga sekitar dan dibawa ke kantor polisi setempat. Selain memeriksa ibu, pihak kepolisian juga memeriksa beberapa saksi lainnya. 

Kapolres Bima, AKBP Heru Sasongko mengatakan dalam penanganan kasus tersebut pihak kepolisian masih melakukan pendalaman terkait keterlibatan ibu dan akan melakukan pemeriksaan psikologi kepada ibu untuk mencari bukti tersebut.

Sementara itu, jenazah bayi langsung dibawa ke puskesmas terdekat untuk dilakukan pemeriksaan visum. Menurut saksi, korban seringkali menangis selama beberapa hari.

Ajudan Presiden Rusia Bocorkan Agenda Pembahasan Jokowi dan Vladimir Putin

Ajudan Presiden Rusia Bocorkan Agenda Pembahasan Jokowi dan Vladimir Putin

Newsline • 6 hours ago

Presiden Joko Widodo akan melanjutkan misi perdamaian dengan bertemu Presiden Vladimir Putin di Menara Kremlin Moskow, Rusia pada Kamis (30/6/2022). Agenda Presiden Jokowi di Rusia hanya bertemu dengan Vladimir Putin. Presiden Jokowi akan tiba di Bandara Moskow pada pukul 11.00 waktu setempat, setelah tiba dari bandara Presiden Jokowi akan menuju hotel Four season untuk beristirahat sebelum melakukan pertemuan dengan Presiden Vladimir Putin. 

Kantor Berita Rusia TASS menulis laporan pada Senin (27/6/2022) lalu, mengenai Ajudan Presiden Rusia Yuri Usakhov yang mengatakan fokus pembahasan pada pertemuan Jokowi dan Putin tersebut mengenai situasi di Ukraina dan komoditas dunia.

Dilanda Banjir & Longsor, Austria Umumkan Kondisi Darurat

Dilanda Banjir & Longsor, Austria Umumkan Kondisi Darurat

Metro Siang • 6 hours ago

Pemerintah Austria mengumumkan kondisi darurat menyusul terjadinya banjir dan longsong ddi Carinthia Selatan, Austria, Selasa (28/6/2022). Bencana yang dipicu hujan badai tersebut telah memutus akses darat, jaringan komunikasi, saluran listrik dan air bersih di beberapa desa di lembah Jejental. 

Sambil menunggu dievakuasi, warga bertahan dari lantai atas rumahnya masing-masing. Sejauh ini dua orang dilaporkan hilang dan satu tewas akibat banjir. 

Gelombang Panas Melanda Balkan

Gelombang Panas Melanda Balkan

Metro Siang • 7 hours ago

Gelombang panas melanda negara-negara di kawasan Balkan. Sepekan terakhir suhu udara rata-rata di atas 30 derajat celcius. Suhu yang lebih tinggi dibanding biasanya ini mendorong pihak-pihak berwenang untuk menyarankan warga untuk tetap tinggal di dalam rumah.

Di Sarajevo tenaga kesehatan menerima lebih banyak pasien yang menderita sakit jantung dan paru-paru kronis akibat cuaca panas. Masyarakat di seluruh wilayah Balkan mencoba mendinginkan diri dengan air mancur, berlindung di tempat teduh, dan berkumpul di bar-bar serta restoran.

Muhidin M Said Ambruk Usai Bacakan Laporan Banggar DPR

Muhidin M Said Ambruk Usai Bacakan Laporan Banggar DPR

Metro Siang • 7 hours ago

Wakil Ketua Badan Anggaran DPR Muhidin Said jatuh di lantai podium, usai membacakan laporan Badan Anggaran DPR RI dalam sidang paripurna DPR, Kamis (30/06/2022) pagi. Politikus dari Partai Golkar ini sempat tergeletak sebelum digotong ke ruang klinik. Belum ada penjelasan mengenai penyebab jatuhnya Muhidin.