NEWSTICKER

Index: 2022-10-07

48 result

Kelangkaan BBM di Haiti Picu Krisis Kemanusiaan

Kelangkaan BBM di Haiti Picu Krisis Kemanusiaan

Headline News • 2 hours ago

Penduduk Ibukota Haiti, Port Au Prince, beraktivitas di tengah kondisi krisis. Sebelumnya geng bersenjata merajalela di jalanan dan menguasai terminal bahan bakar di beberapa wilayah.

Perdana Menteri Haiti, Ariel Henry memberikan pernyataan yang disiarkan melalui televisi nasional dan menyebut situasi yang terjadi di Haiti adalah krisis kemanusiaan. Kurangnya stok bahan bakar minyak memicu protes para warga. Beberapa rumah sakit bahkan mengurangi jumlah staf dan layanan penting. 

Kondisi krisis juga membuat aktivitas bisnis seperti perusahaan pengiriman air tutup. Distribusi bahan pokok dihentikan di tengah mewabahnya penyakit kolera yang baru dilaporkan pada pekan lalu.

Bank dan supermarket juga beroperasi dengan jadwal terbatas. Masyarakat ragu dengan kemampuan Ariel Henry membawa Haiti ke luar dari kondisi krisis dengan bantuan internasional.

Sementara itu, Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menyerukan pembukaan bantuan kemanusiaan untuk segera mengalirkan bahan bakar guna memenuhi kebutuhan mendesak para penduduk Haiti.

Banjir dan Longsor Melanda Sejumlah Wilayah di Venezuela Usai Diguyur Hujan Deras

Banjir dan Longsor Melanda Sejumlah Wilayah di Venezuela Usai Diguyur Hujan Deras

Headline News • 2 hours ago

Hujan deras yang mengguyur Venezuela menyebabkan banjir, tanah longsor, dan banyak rumah rusak akibat badai tropis. Dalam video amatir yang menunjukkan detik-detik ketika tanah longsor di sekitar gedung apartemen di Caracas, Venezuela.

Seorang warga setempat mengatakan tembok penahan yang ada retak setelah hujan deras mengguyur wilayah ini selama beberapa hari. Mengetahui hal tersebut, warga bergegas mengambil barang yang masih bisa diselamatkan.

Sementara itu di negara bagian Falcon, sebuah sungai meluap dan membanjiri puluhan rumah warga. Ketinggian banjir berkisar 50 sentimeter. Menurut warga yang merupakan korban banjir mengatakan ia tidak sempat menyelamatkan barang berharga dan telah kehilangan semua harta bendanya.

Anies Baswedan Temui AHY di Kantor DPP Demokrat

Anies Baswedan Temui AHY di Kantor DPP Demokrat

Headline News • 2 hours ago nasional

Calon wakil presiden yang akan diusung Partai NasDem, Anies Baswedan bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2022). Kedatangan Anies disambut langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Waketum Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas).

Saat ini belum diketahui apa rencana pertemuan Anies dengan AHY. Namun, menurut agenda yang akan digelar oleh kedua tokoh ini mereka akan melakukan perkenalan dengan pengurus dari DPP dan majelis tinggi dari Partai Demokrat dilanjutkan dengan pertemuan empat mata secara tertutup antara Anies dan AHY. 

AS Kirim Lagi Bantuan Militer untuk Ukraina

AS Kirim Lagi Bantuan Militer untuk Ukraina

Metro Xinwen • 2 hours ago

Jubir Gedung Putih, Jean-Pierre mengatakan bahwa  dana terbaru untuk paket bantuan tersebut merupakan pemanfaatan ke-22 dari wewenang alokasi kepresidenan (PDA) untuk Ukraina.

Sementara Itu, Presiden Amerika Serikat Joe Biden menegaskan negaranya akan terus membantu Ukraina dalam mempertahankan diri. AS akan menjatuhkan sanksi kepada individu, kelompok/negara yang mendukung aneksasi Rusia terhadap Ukraina.

Disisi lain, Elon Musk mendapat kritik setelah mencuit suatu proposal "Perdamaian" untuk Ukraina yang menjadikan semenanjung Crimea sebagai bagian dari Rusia.

AS menanggapi persiapan penggunaan senjata nuklir Rusia seperti dilaporkan sejumlah media Eropa baru-baru ini, negara adidaya tersebut akan terus memonitor potensi pemakaian senjata nuklir Rusia.

Korban Banjir Aceh Utara Membutuhkan Bantuan Makanan dan Obat-obatan

Korban Banjir Aceh Utara Membutuhkan Bantuan Makanan dan Obat-obatan

Selamat Pagi Indonesia • 2 hours ago

Banjir yang melanda Kabupaten Aceh Utara, Aceh, saat ini meluas ke 12 kecamatan. Akibatnya 38 ribu jiwa lebih warga yang terdampak banjir harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Berdasarkan data terkini dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) banjir yang melanda beberapa titik di Kabupaten Aceh Utara sudah mulai surut terutama di daerah dataran tinggi. Namun banjir semakin meluas hingga merendam 12 kecamatan.

Di Kecamatan Lhoksukon ada sekitar 30 ribu lebih warga yang terpaksa mengungsi. Di Matangkuli lebih dari tiga ribu warga yang terdampak banjir juga harus mengungsi ke sejumlah titik-titik pengungsian atau ke tempat yang lebih aman seperti rumah ibadah atau balai desa dan juga tenda-tenda darurat yang didirikan.

Bantuan saat ini sudah mulai disalurkan dari berbagai pihak terutama dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan juga dinas sosial. Pihak dinas sosial juga sudah mulai mendirikan dapur umum. Untuk evakuasi, Tim SAR dibantu TNI dan Polri terus melakukan upaya penanganan untuk mengevakuasi warga-warga yang masih terjebak di rumahnya. 

Kondisi warga yang mengungsi mulai terserang beberapa penyakit seperti gatal-gatal, demam, dan batuk. Warga sangat mengharapkan bantuan obat-obatan yang saat ini minim sekali ketersediaannya dan juga bantuan bahan pangan mengingat ketersediaan bahan pangan di lokasi pengungsian sangat terbatas. Hingga kini bantuan yang disalurkan belum merata ke daerah yang terdampak bencana banjir di Aceh Utara.

Pemerintah Kabupaten Aceh Utara telah menetapkan status darurat bencana banjir hingga 14 hari ke depan. Diharapkan dengan penetapan status darurat bencana banjir ini, penanganan banjir di Kabupaten Aceh Utara bisa lebih maksimal ditangani.

Kejurnas Barongsai 2022 Diikuti 16 Provinsi

Kejurnas Barongsai 2022 Diikuti 16 Provinsi

Metro Xinwen • 3 hours ago

Ketua Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Jawa Timur, Chandra Wurianto Woo mengatakan bahwa Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Barongsai 2022 yang diselenggarakan di Sleman City Hall, Jawa Tengah hingga 9 Oktober mendatang, diikuti oleh tim dari 16 provinsi, dengan menggelar 135 pertandingan dalam 13 kelas, antara lain Naga Toulu, Naga Halang Rintang, Naga Kecepatan dan sebagainya.

Dengan adanya Kejurnas ini diharapkan Barongsai dapat naik kelas. Bukan hanya sebagai budaya saja namun bisa menjadi ajang pertandingan. Setelah Kejurnas Barongsai 2022, berbagai kompetisi dan kejuaraan regional juga akan digelar pada tahun 2023 mendatang.

Menpora Pastikan Audit Seluruh Stadion untuk Pertandingan Liga Indonesia

Menpora Pastikan Audit Seluruh Stadion untuk Pertandingan Liga Indonesia

Metro Pagi Prime Time • 3 hours ago

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyampaikan hasil rakor soal Tragedi Kanjuruhan. Pemerintah akan melakukan audit menyeluruh tentang penanganan suporter dan pengamanan pertandingan, hingga SOP penanganan apabila terjadi kerusuhan.

"Akan kami lakukan audit secara menyeluruh terhadap keberadaan stadion yang digunakan klub liga 1, liga 2 dan liga 3," ujar Menpora Zainudin Amali. 

Namun pada tahap awal pemerintah akan fokuskan terhadap stadion yang yang eksis digunakan untuk pertandingan. Pintu keluar dan pintu masuk stadion menjadi fokus dalam audit kali ini. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi agar kejadian Tragedi Kanjuruhan tidak terjadi lagi.  

Tiga Hari Mengungsi, Korban Banjir Aceh Utara Keluhkan Gatal-Gatal dan Demam

Tiga Hari Mengungsi, Korban Banjir Aceh Utara Keluhkan Gatal-Gatal dan Demam

Selamat Pagi Indonesia • 3 hours ago

Tiga malam di lokasi pengungsian, belasan ribu korban banjir yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Aceh Utara, Aceh, mulai terserang penyakit gatal-gatal dan demam.

Sufli, salah satu korban banjir di Desa Beuringen, Kecamatan Lhoksukon, mengatakan Ia bersama 30 kepala keluarga lainnya sudah tiga malam bertahan di lokasi pengungsian. Sulfi menambahkan karena sudah tiga hari tiga malam di lokasi pengungsian, banyak korban banjir terutama anak-anak mulai terserang penyakit demam dan gatal-gatal.

"Sebagian anak-anak ada yg terkena gatal-gatal ada yang demam tapi obatnya belum ada," ujar Sulfi korban banjir.

Hingga saat ini belum ada penangan dari pemerintah daerah. Saat ini para korban banjir yang ada di lokasi pengungsian membutuhkan bahan pangan dan obat-obatan karena banyak anak-anak yang mengeluh gatal-gatal. 

Sambut Akhir Pekan, IHSG Dibuka Melemah

Sambut Akhir Pekan, IHSG Dibuka Melemah

Headline News • 3 hours ago

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bergerak fluktuatif pada perdagangan, Jumat (7/10/2022). Pergerakan ini dipengaruhi optimisme atas ekonomi Indonesia dan juga nilai tukar rupiah yang menguat 0,8% sepekan terakhir. Namun ada juga kekhawatiran naiknya suku bunga The Fed yang mencapai 75 basis poin di November 2022. 

IHSG bergerak melemah 0,28% di level 7.056. Ini searah juga dengan pergerakan indeks di Amerika Serikat dan Eropa yang pergerakannya melemah.

Pergerakan nilai tukar rupiah hari ini (7/10/2022) juga diprediksi fluktuatif searah dengan bergerakan IHSG. Pada posisi penutupan perdagangan kemarin, rupiah berada di Rp15.188 per dolar AS yang berarti rupiah menguat 8% selama sepekan terakhir.

Sementara itu, USD Index ada di level 112 lebih tinggi dari posisi kemarin di level 111. Oleh karena itu, pergerakan nilai tukar rupiah juga diprediksi akan fluktuatif pada perdagangan hari ini.

Peringati HUT ke-77 TNI, Kopassus Renovasi Rumah Tak Layak Huni

Peringati HUT ke-77 TNI, Kopassus Renovasi Rumah Tak Layak Huni

Metro Pagi Prime Time • 3 hours ago

Dalam rangka peringatan HUT ke-77 TNI, Kopassus melakukan bakti sosial renovasi rumah warga binaannya menjadi rumah layak huni.

Dengan mengusung tema "Militan dan Humanis, Kopassus Berbagi di HUT Ke-77 TNI" berupa program unggulan serbuan teritorial renovasi rumah tidak layak huni sebanyak delapan rumah di berbagai daerah yaitu di Jakarta, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Serang dan Kabupaten Sukoharjo.

Dalam pekerjaan tersebut, personel dibantu oleh masyarakat setempat secara sukarela hingga tercipta kemanunggalan TNI dan rakyat dalam mengatasi kesulitan masyarakat.

Kegiatan serbuan teritorial ini merupakan program TNI AD yang dilaksanakan di desa-desa binaan dan dikerjakan selama selama 15-30 hari.

3 Ilmuwan Mekanika Kuantum Dianugerahi Nobel Fisika 2022

3 Ilmuwan Mekanika Kuantum Dianugerahi Nobel Fisika 2022

Metro Xinwen • 3 hours ago

Melalui eksperimen foton terjerat, tiga ilmuwan pemenang Hadiah Nobel Fisika 2022 memastikan bahwa ketidaksetaraan Bell yang berakar pada paradoks Einstein-Podolsky-Rosen (EPR) yang dipublikasikan 1935 silam, tidak berlaku di dunia kuantum. Temuan ini membuat ketiganya menjadi pelopor di bidang ilmu informasi kuantum, dan mereka akan berbagi bonus sebesar 10 juta krona Swedia (sekitar Rp13,97 miliar). 

Menurut informasi, penelitian di bidang ilmu informasi kuantum mencakup komputer kuantum, jaringan kuantum, dan komunikasi terenkripsi kuantum yang aman. Teknologi kuantum merupakan teknologi mutakhir terkini di dunia mikrofisika, yang berdampak besar bagi pertumbuhan industri pertahanan nasional dan pembangunan ekonomi.

Ubud Writers and Readers Festival Mengusung Tema Memayu Hayuning Bawana

Ubud Writers and Readers Festival Mengusung Tema Memayu Hayuning Bawana

Metro Pagi Prime Time • 3 hours ago

Mejelang dihelatnya kembali Ubud Writers and Readers Festival di Ubud Bali pada 27-30 Oktober 2022 mendatang. UWRF kali ini mengusung tema jawa kuno yaitu "Mamayu Hayuning Bawana" atau Uniting Humanity.

Terlihat beberapa penulis hadir dalam acara konferensi pers, Kamis (6/10/2022). Nantinya Ubud Writers and Readers Festival akan dihadiri para penulis, aktivis, seniman Indonesia bahkan mancanegara. Tampak hadir pula dalam konferensi pers kali ini, Puteri Indonesia asal Bali Laksmi De Neefe.

Melalui Dekrit, Zelensky Tutup Prospek Negosiasi dengan Putin

Melalui Dekrit, Zelensky Tutup Prospek Negosiasi dengan Putin

Metro Xinwen • 3 hours ago

Perang Rusia-Ukraina telah berlangsung lebih dari 220 hari. Beberapa upaya pembicaraan damai tidak membuahkan hasil. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky secara resmi menandatangani dekrit yang menutup prospek negosiasi Presiden Rusia Vladimir Putin Selasa (4/10/2022), sehingga situasi menjadi semakin sulit diprediksi.

Menanggapi keputusan Zelensky, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menyatakan bahwa proses negosiasi membutuhkan partisipasi bersama. Rusia telah berkomitmen untuk mencapai tujuannya melalui jalur diplomatik hingga operasi militer khusus. Untuk saat ini Rusia hanya bisa menunggu Zelensky atau Presiden Ukraina yang akan datang untuk mengubah posisinya.

Menurut informasi, lebih dari 200 ribu orang di Rusia telah bergabung dengan militer melalui mobilisasi parsial, dan akan berpartisipasi dalam operasi militer khusus setelah menyelesaikan pelatihan.

Menanggapi kekhawatiran dunia luar tentang apakah Rusia akan menggunakan senjata nuklir, kepala non-proliferasi nuklir Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Rusia, Vladimir Yermakov mengatakan bahwa Rusia akan sepenuhnya mematuhi pernyataan bersama pemimpin 5 negara bersenjata nuklir untuk mencegah terjadinya perang nuklir.

Mabes Polri & Polda se-Indonesia Hadiri Business Matching Tahap IV di Bali

Mabes Polri & Polda se-Indonesia Hadiri Business Matching Tahap IV di Bali

Metro Pagi Prime Time • 3 hours ago

Temu Bisnis Produk Dalam Negeri (PDN) tahap IV Tahun 2022 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) resmi dibuka. Kegiatan ini mempertemukan pelaku usaha dalam negeri dengan kementerian lembaga dan BUMN. 

Temu Bisnis (Business Matching) ini diikuti 761 peserta yang terdiri dari satuan Mabes Polri dan Polda seluruh jajaran di 34 Provinsi, Kementerian dan Lembaga BUMN serta pemerintah daerah.

Selain diisi workshop dan talk show, temu bisnis ini turut menghadirkan 76 booth yang terdiri dari 36 booth Mabes Polri dan 40 booth kementerian dan pelaku usaha lainnya.
 
Pertemuan ini bertujuan untuk mempercepat realisasi pembelanjaan di 2022 dan mempertemukan pelaku usaha dalam negeri untuk merealisasikan produk dalam negeri.

24 Anak-anak Tewas dalam Penembakan Brutal di Thailand

24 Anak-anak Tewas dalam Penembakan Brutal di Thailand

Metro Xinwen • 3 hours ago

Sebanyak 24 anak-anak jadi korban tewas dalam tragedi penembakan massal di sebuah daycare di Nong Bua Lamphu, Thailand, Kamis (6/10/2022). Total jumlah korban tewas akibat aksi brutal seorang mantan polisi yang diduga dalam pengaruh narkoba tersebut berjumlah 38.

Tragedi bermula dari marahnya Khamlarb (34) -pelaku serangan- karena tidak mendapati anaknya di lokasi kejadian. Seketika dia melepaskan tembakan di dalam ruangan yang penuh anak-anak sedang tidur siang. 
 
Setelah melakukan aksinya, Khamlarb pulang ke rumahnya lalu membakar mobilnya. Sebelum akhirnya bunuh diri, dia menembak hingga tewas anak dan istrinya yang sedang di dalam rumah.

Khamlarb yang dipecat dari kepolisian pada Juni lalu akibat kedapatan menggunakan narkoba. Polisi menduga Khamlarb berada di bawah pengaruh narkoba ketika beraksi. Tregedi di tempat penitipan anak ini merupakan kasus penembakan massal terburuk dalam sejarah Thailand. 

Polri Tetapkan 6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan, 3 di Antaranya Polisi

Polri Tetapkan 6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan, 3 di Antaranya Polisi

Metro Xinwen • 3 hours ago

Dalam konferensi pers, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan kronologi saat terjadinya tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Kamis (6/10/2022). Kapolri mengatakan Arema FC vs Persebaya awalnya berjalan lancar hingga selesai, setelah itu sejumlah suporter turun ke lapangan lantaran tak puas dengan hasil pertandingan.

Setelah penonton yang turun ke lapangan semakin banyak, saat itulah polisi menembakkan gas air mata, hingga membuat para penonton terutama yang berada di tribun menjadi panik lalu berusaha segera meninggalkan arena, sehingga situasi menjadi semakin tidak terkendali dan berujung pada tragedi.

Setelah melakukan pemeriksaan, polisi menetapkan 6 tersangka dalam tragedi Kanjuruhan, mulai dari panitia pelaksana hingga anggota kepolisian.

4 Isu Global Dibahas dalam Forum P20

4 Isu Global Dibahas dalam Forum P20

Metro Pagi Prime Time • 4 hours ago

Dalam forum diskusi di hari ke-2 pelaksanaan Parliamentary Speakers Summit yang ke-8 (P20) DPR RI menyoroti empat isu global, di antaranya soal ketahanan pangan dan energi serta tantangan ekonomi di tengah krisis global.

DPR RI menjadi tuan rumah dalam gelaran P20 yang dilaksanakan selama 3 hari di Gedung Nusantara Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Acara ini dihadiri sebanyak 19 ketua parlemen perwakilan negara.

Pada hari ke-2 Presiden Jokowi langsung yang membuka secara resmi jalannya forum P20. Dalam sambutannya Joko Widodo meminta para parlemen untuk berkomitmen untuk bekerja sama. Multilateralisme menjadi kunci suksesnya menghadapi krisis global dan tantangan ekonomi saat ini.
 
Ada 4 isu global yang dibahas dalam forum diskusi ini, salah satunya ialah persoalan gangguan rantai pasok pangan. Krisis multidimensi tersebut akibat dari tekanan geopolitik krisis pangan dan energi, stagnasi ekonomi hingga tantangan perubahan iklim dan lingkungan. Dampak buruknya dirasakan secara global terutama negara negara miskin.

Diadakannya forum diskusi P20 ini bertujuan untuk mendorong kerjasama antar negara dalam menghadapi krisis global. Nantinya hasil dari forum diskusi yang berlangsung selama 3 hari akan menjadi rekomendasi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Summit G20 pada November di Bali.

Bedah Editorial MI: Momentum Tumbuhkan Budaya Malu

Bedah Editorial MI: Momentum Tumbuhkan Budaya Malu

Editorial MI Video • 4 hours ago

Sabtu (1/10/2022) lalu menjadi malam minggu kelabu bagi dunia persepakbolaan Tanah Air. Sekitar 130 nyawa melayang seusai pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Peristiwa itu menjadi tragedi terkelam sepanjang sejarah sepak bola Indonesia. Bahkan, untuk ukuran dunia menjadi yang kedua tersuram setelah tragedi di Peru yang menewaskan lebih dari 300 orang, setengah abad silam.

Para suporter yang tewas di Kanjuruhan umumnya akibat sesak napas setelah terkena gas air mata dan berdesakan di pintu keluar seusai pertandingan. Kita berduka, bahkan teramat berduka, dan berbelasungkawa kepada keluarga yang menjadi korban dalam peristiwa itu. Tragedi semacam itu seharusnya tak perlu terjadi seandainya pengelola pertandingan, entah itu panpel, pihak klub, aparat keamanan, maupun penyelenggara kompetisi (PT Liga Indonesia Baru/LIB) dan federasi (PSSI) sigap mengamankan jalannya pertandingan.

Apalagi, sebelumnya Polres Malang sudah meminta waktu pertandingan digeser ke sore hari, dari yang semula pukul 20.00 WIB menjadi pukul 15.30 WIB.

Pertimbangannya, itu laga yang rawan karena mempertemukan dua musuh bebuyutan. Betul laga itu tidak dihadiri suporter tamu. Akan tetapi, antusiasme Aremania, pendukung Arema FC, sangat tinggi untuk menyaksikan big match tersebut, termasuk kaum perempuan dan anak-anak.

Pihak Arema sebetulnya sudah setuju pertandingan digeser ke sore hari. Mereka sudah mengirim surat ke PT Liga Indonesia Baru (LIB), tapi ditolak. Pertandingan pun tetap digelar malam hari. Surat balasan LIB itu ditandatangani direktur utamanya, Akhmad Hadian Lukita. Entah apa pertimbangannya. Biarlah itu nanti jadi bahan penyelidikan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang dibentuk pemerintah. Satu hal yang pasti, polisi sudah mengingatkan untuk mengubah jadwal.

Begitu pun panitia sudah mengambil langkah tepat dengan berkirim surat ke LIB. Mereka juga sudah benar tidak mengalokasikan jatah kursi untuk suporter Persebaya. Di dalam stadion sebenarnya sudah tidak ada lagi faktor penentu yang bisa memicu kerusuhan. Kalaupun kecewa kepada tim kesayangannya, mereka paling banter merusak stadion.

Namun, apa lacur, nasi telah menjadi bubur. Lontaran gas air mata yang dilepaskan aparat membuat penonton panik dan berdesakan menuju pintu keluar. Dalam kondisi seperti itu banyak yang terinjak dan meninggal akibat sesak napas. Kita semua berduka dan menyesali tragedi tersebut. Sebuah petisi di change.org, yang telah ditandatangani ribuan orang, mendesak Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule untuk mengundurkan diri.

Sebelumnya, berbagai elemen masyarakat juga menyerukan hal serupa, seperti DPD Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) serta Indonesia Police Watch (IPW).

Lalu Lintas di Tol Jakarta-BSD Macet Hingga 2 Km Akibat Banjir

Lalu Lintas di Tol Jakarta-BSD Macet Hingga 2 Km Akibat Banjir

Selamat Pagi Indonesia • 4 hours ago

Sesuai dengan prediksi BMKG sebelumnya, bahwa di beberapa titik lokasi di Indonesia akan terancam hujan dalam beberapa hari ke depan. Salah satunya ruas Tol Jakarta-BSD Tangerang Selatan kembali terendam banjir dengan ketinggian air 70 centimeter dan menyebabkan kemacetan panjang sejauh 2 kilometer.

Seorang pengemudi truk, Roni mengatakan dirinya terjebak banjir saat memasuki Tol BSD. Petugas memberhentikan kendaraannya dan meminta untuk menunggu banjir surut. Hingga Kamis (6/10/2022) malam, ruas tol masih belum dapat dilalui kendaraan karena masih terendam banjir.

Petugas melakukan upaya penyedotan air yang merendam ruas tol di KM 8 Jakarta-BSD ini. Rekayasa lalu lintas terpaksa dilakukan petugas dari arah BSD menuju Jakarta yang dialihkan keluar menuju pintu Tol Paringgi, sedangkan arah sebaliknya dialihkan keluar menuju pintu Tol Pondok Ranji.

Momentum Tumbuhkan Budaya Malu

Momentum Tumbuhkan Budaya Malu

Editorial MI Video • 4 hours ago

Sabtu (1/10/2022) lalu menjadi malam minggu kelabu bagi dunia persepakbolaan Tanah Air. Sekitar 130 nyawa melayang seusai pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Peristiwa itu menjadi tragedi terkelam sepanjang sejarah sepak bola Indonesia. Bahkan, untuk ukuran dunia menjadi yang kedua tersuram setelah tragedi di Peru yang menewaskan lebih dari 300 orang, setengah abad silam.

Para suporter yang tewas di Kanjuruhan umumnya akibat sesak napas setelah terkena gas air mata dan berdesakan di pintu keluar seusai pertandingan. Kita berduka, bahkan teramat berduka, dan berbelasungkawa kepada keluarga yang menjadi korban dalam peristiwa itu. Tragedi semacam itu seharusnya tak perlu terjadi seandainya pengelola pertandingan, entah itu panpel, pihak klub, aparat keamanan, maupun penyelenggara kompetisi (PT Liga Indonesia Baru/LIB) dan federasi (PSSI) sigap mengamankan jalannya pertandingan.

Apalagi, sebelumnya Polres Malang sudah meminta waktu pertandingan digeser ke sore hari, dari yang semula pukul 20.00 WIB menjadi pukul 15.30 WIB.

Pertimbangannya, itu laga yang rawan karena mempertemukan dua musuh bebuyutan. Betul laga itu tidak dihadiri suporter tamu. Akan tetapi, antusiasme Aremania, pendukung Arema FC, sangat tinggi untuk menyaksikan big match tersebut, termasuk kaum perempuan dan anak-anak.

Pihak Arema sebetulnya sudah setuju pertandingan digeser ke sore hari. Mereka sudah mengirim surat ke PT Liga Indonesia Baru (LIB), tapi ditolak. Pertandingan pun tetap digelar malam hari. Surat balasan LIB itu ditandatangani direktur utamanya, Akhmad Hadian Lukita. Entah apa pertimbangannya. Biarlah itu nanti jadi bahan penyelidikan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang dibentuk pemerintah. Satu hal yang pasti, polisi sudah mengingatkan untuk mengubah jadwal.

Begitu pun panitia sudah mengambil langkah tepat dengan berkirim surat ke LIB. Mereka juga sudah benar tidak mengalokasikan jatah kursi untuk suporter Persebaya. Di dalam stadion sebenarnya sudah tidak ada lagi faktor penentu yang bisa memicu kerusuhan. Kalaupun kecewa kepada tim kesayangannya, mereka paling banter merusak stadion.

Namun, apa lacur, nasi telah menjadi bubur. Lontaran gas air mata yang dilepaskan aparat membuat penonton panik dan berdesakan menuju pintu keluar. Dalam kondisi seperti itu banyak yang terinjak dan meninggal akibat sesak napas. Kita semua berduka dan menyesali tragedi tersebut. Sebuah petisi di change.org, yang telah ditandatangani ribuan orang, mendesak Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule untuk mengundurkan diri.

Sebelumnya, berbagai elemen masyarakat juga menyerukan hal serupa, seperti DPD Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) serta Indonesia Police Watch (IPW).

Aksi Solidaritas Internasional untuk  Korban Tragedi Kanjuruhan

Aksi Solidaritas Internasional untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Headline News • 4 hours ago

Tragedi yang menewaskan ratusan penonton sepak bola di Stadion Kanjuruhan Malang tidak hanya mengundang keprihatinan Internasional, tapi juga sorotan atas upaya mengatasi kerumunan yang kemudian berubah tragis. Aparat keamanan pun dinilai bisa belajar dari pengalaman saat kerusuhan sepak bola sebelumnya.

Berbagai pertandingan sepak bola raksasa Eropa diawali dengan mengheningkan cipta mengenang ratusan korban Tragedi Kanjuruhan. Berbagai ungkapan duka juga terus mengalir. 

Pelatih Sepak Bola & Aktivis Kesehatan Publik Alexandra Hunt mengatakan warga Amerika Serikat prihatin atas Tragedi Kanjuruhan. Menurutnya kepanikan itu disebabkan gas air mata. 

Amnesty Internasional maupun organisasi HAM lainnya mendesak penegakan hukum bagi aparat yang dianggap bertanggung jawab dan penyelidikan tuntas soal tragedi ini.  

Kemenag Jaksel Tanggung Seluruh Biaya Korban Tembok Ambruk MTsN 19 Jakarta

Kemenag Jaksel Tanggung Seluruh Biaya Korban Tembok Ambruk MTsN 19 Jakarta

Selamat Pagi Indonesia • 4 hours ago

Kantor Kementerian Agama wilayah Jakarta Selatan akan menanggung seluruh biaya pengobatan siswa MTsN 19 Jakarta Selatan yang mengalami luka-luka dan memroses seluruh pemakaman bagi siswa yang meninggal dunia akibat robohnya tembok sekolah. Kemenag Jaksel juga akan meliburkan sementara Proses Belajar Mengajar (PBM) di MTsN 19 Jakarta Selatan.

"Situasi untuk saat ini untuk PBM, kondisi sekolah sudah tidak bisa digunakan, sebelum diperbaiki kita akan mencari tempat lain agar PBM bisa tetap berjalan," ujar Kepala Kantor Kemenag Jaksel, Nur Pawaidudin.

Sementara itu, Polres Metro Jakarta Selatan telah menerjunkan tim identifikasi untuk menyelidiki peristiwa naas tersebut, dan berfokus pada pengamanan aset milik sekolah, dan tempat kejadian perkara. 

Pasca Robohnya Tembok MTsN 19 Jakarta, KBM Ditiadakan Sementara

Pasca Robohnya Tembok MTsN 19 Jakarta, KBM Ditiadakan Sementara

Selamat Pagi Indonesia • 4 hours ago

Aktivitas belajar mengajar di MTsN 19 ditiadakan karena kondisi sekolah yang tidak memungkinkan untuk dilangsungkannya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Pihak Kemenag Jakarta Selatan berkoordinasi untuk mencari tempat yang dapat digunakan untuk melanjutkan proses belajar mengajar sementara.

Sisa dari reruntuhan tembok pembatas antara permukiman warga dengan MTsN 19 masih belum dibersihkan karena garis polisi masih terpasang di sekitaran reruntuhan demi kepentingan olah TKP, untuk menentukan penyebab runtuhnya tembok yang menewaskan tiga orang siswa dan tiga siswa luka-luka.

Tiga siswa yang luka saat ini menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Prikasih, Jakarta Selatan. Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan telah melakukan penyedotan air, sehingga genangan air banjir sudah kering di sekitar Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 19 Pondok Labu, Jakarta Selatan Jumat (7/10/2022). 

Anies Baswedan Masuk Radar Bacapres PAN

Anies Baswedan Masuk Radar Bacapres PAN

Metro Pagi Prime Time • 4 hours ago

Partai Amanat Nasional (PAN) sampai saat ini masih belum memutuskan nama calon presiden yang akan diusung dalam Pilpres 2024 mendatang. Di sisi lain, Nama Anies Baswedan disebut masuk ke dalam radar PAN hingga Koalisi Indonesia Bersatu.

PAN menyebutkan dari hasil Rakernas PAN beberapa bulan lalu, nama Anies Baswedan masuk dalam radar bacapres PAN dari unsur kepala daerah. Tetapi, nama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan nama Menteri BUMN Erick Thohir masih menjadi nama terkuat dalam internal PAN.

Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengatakan sampai saat ini partainya masih belum memutuskan siapa sosok yang akan diusung menjadi calon presiden. PAN juga belum menentukan waktu pasti kapan nama tersebut diumumkan. 
 
Yandri juga menegaskan hingga saat ini, hubungan KIB yang terjalin antara PAN, Golkar dan PPP masih berlangsung hangat. Bahkan Yandri menyebut ada beberapa partai justru ingin bergabung bersama KIB baik partai yang memiliki kursi di Senayan maupun yang berada di luar Senayan.

Pakar Menilai Permintaan Maaf Ferdy Sambo ke Ortu Brigadir J Hanya untuk Meraih Simpati Publik

Pakar Menilai Permintaan Maaf Ferdy Sambo ke Ortu Brigadir J Hanya untuk Meraih Simpati Publik

Metro Pagi Prime Time • 4 hours ago pembunuhan

Ferdy Sambo sempat meminta maaf kepada orang tua Brigadir Yosua setelah berkasnya dinyatakan P21. Pakar Hukum Pidana justu menilai hal tersebut sebagai cara FS untuk mendapat keringangan atas hukuman yang akan diterima.

"Ini salah satu bentuk strategi, karena kondisinya juga sudah masuk P21, artinya dia sudah yakin kalau ini akan dipersidangkan. Dan disidangkan itu perlu belas kasihan, apalagi kalau korban memberikan maaf, sehingga kesempatan emas ini dia gunakan. Itu akan diulang-ulang bukan hanya sekali," ujar Jamin Ginting.

Jamin juga menyatakan bahwa hakim akan sulit untuk memisahkan pasal yang menjerat FS dengan tersangka lainnya. Karena, terdapat kesamaan pasal antara satu dengan yang lain, yakni pasal 340 dan 338 terkecuali obstruction of justice yang akan dilimpahkan kepada FS.

"Jadi kalau setiap sidang displit, buka-tutup, buka-tutup, dan saksinya hanya itu saja, itu akan menyulitkan dan memerlukan waktu yang panjang," ujar Jamin Ginting. 

Masa Jabatan Anies Segera Berakhir, Pj Gubernur DKI Jakarta Belum Diputuskan

Masa Jabatan Anies Segera Berakhir, Pj Gubernur DKI Jakarta Belum Diputuskan

Metro Pagi Prime Time • 5 hours ago

Masa jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta akan segera berakhir. Namun, hingga saat ini belum ada nama penjabat gubernur yang dipilih Istana untuk menggantikan Anies Baswedan.

Kurang dari dua pekan Anies Baswedan tak lagi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Masa jabatan Anies di DKI akan berakhir pada 16 Oktober 2022 mendatang. Sementara itu DPRD DKI Jakarta telah mengirimkan tiga nama kandidat ke Kemendagri untuk dipilih menjadi Penjabat Gubernur menggantikan Anies. Ketiganya merupakan orang-orang dengan latar belakang yang mumpuni dan berpengalaman di pemerintahan daerah.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengaku telah menerima tiga nama kandidat penjabat gubernur yang diserahkan DPPRD DKI Jakarta. Menurut Tito, Kemendagri akan mengakomodir usulan DPRD DKI dan kemungkinan besar tidak akan mengusung nama baru di luar tiga nama tersebut. Namun Tito menjelaskan keputusan siapa yang terpilih menjadi penjabat gubernur DKI akan ditentukan oleh suara tim penilai akhir yang ditunjuk oleh Presiden Jokowi.

Sejumlah pihak saat ini tengah menanti-nanti, kapan sidang tim penilai akhir penjabat Gubernur DKI akan digelar. Sebagian masyarakat Jakarta pun bertanya-tanya siapa satu dari tiga kandidat tersebut yang akan menjadi orang nomor satu di Ibu Kota Jakarta menggantikan Anies Baswedan.

Persidangan Kasus Pembunuhan Brigadir J Diharapkan Digelar Offline dan Terbuka

Persidangan Kasus Pembunuhan Brigadir J Diharapkan Digelar Offline dan Terbuka

Metro Pagi Prime Time • 5 hours ago pembunuhan

Menurut Pakar Hukum Pidana Jamin Ginting menilai hakim harus berhati-hati dalam menangani proses persidangan Ferdy Sambo dan sejumlah tersangka lain dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir Yosua).

Menurut Jamin Ginting, kasus Ferdy Sambo berupakan kasus yang besar sehingga perlu adanya penangangan khusus oleh hakim. Menurutnya, persidangan tidak bisa dilakukan secara daring, tidak ada alasan yang dapat menghalangi proses persidangan jika hakim bersikap tegas.

"Walaupun memang kita ketahui, ada peraturan Mahkamah Agung yang mengatakan bahwa diperbolehkan online. Pada umumnya, jaksa, mereka menginginkan online karena alasan covid. Itu tidak menjadi alasan yang prinsipal kalau hakim tegas," ujar Jamin Ginting.

Ketua Komisi Kejaksaan, Barita Simanjuntak juga sepakat bahwa persidangan harus dilakukan secara langsung dan dapat disaksikan oleh publik sehingga transparansi proses persidangan tersebut dapat terjamin.  

Pemprov Jateng Anggarkan APBD Sebesar Rp3,8 Triliun untuk Beli Produk UMKM

Pemprov Jateng Anggarkan APBD Sebesar Rp3,8 Triliun untuk Beli Produk UMKM

Metro Pagi Prime Time • 5 hours ago

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menganggarkan Rp 3,8 triliun dari APBD Jateng untuk belanja ke UMKM Lokal. Hal tersebut dilakukan Ganjar sebagai bentuk komitmen Pemprov Jateng menggunakan produk dalam negeri.Hal ini disampaikan Ganjar Pranowo, di sela-sela bisnis matching di Nusa Dua Convention Center Bali, Kamis (6/10/2022) siang.

Ganjar menyebut, data rencana umum pengadaan produk impor hanya sekitar Rp302 miliar. Sehingga komitmen Pemprov Jawa Tengah untuk menggunakan produk dalam negeri mencapai 92,12?ri APBD.

Pemprov Jateng pun memanfaatkan aplikasi yang dimiliki untuk menyerap belanja produk dalam negeri serta mendorong penyediaan ruang pelaku UMKM untuk memasukan produknya dalam e-katalog.

Buntut Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Tak Menjamin Indonesia Bebas dari Sanksi FIFA

Buntut Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Tak Menjamin Indonesia Bebas dari Sanksi FIFA

Metro Pagi Prime Time • 5 hours ago

Presiden Joko Widodo menyerahkan kepada FIFA soal kemungkinan Indonesia mendapat sanksi buntut tragedi Kanjuruhan. Sanksi untuk Indonesia menjadi pembahasan yang sering muncul sebab ada larangan FIFA tentang penggunaan gas air mata dalam pengamanan di stadion.

Kekhawatiran ini lantaran pada tahun depan Indonesia bakal menjadi tuan rumah piala dunia U-20. Kendati Jokowi sudah berbicara langsung dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, lewat sambungan telepon, Presiden Jokowi tak bisa menjamin Indonesia bebas dari sanksi FIFA.

Namun, sikap berbeda justru ditunjukkan oleh PSSI. Mereka yakin bila Indonesia masih bisa lolos dari sanksi FIFA. Sebab sejauh ini FIFA tidak pernah sama sekali bicara soal sanksi.
 
Saat ini, pemerintah tengah melakukan investigasi secara menyeluruh pada kasus Tragedi Kanjuruhan. Investigasi ini dilakukan untuk menentukan siapa pihak yang harus bertanggung jawab. Seiring proses investigasi, laga Liga 1 dan 2 dihentikan sementara.

Adik Korban Tragedi Kanjuruhan Ditawari Jadi Anggota Polri

Adik Korban Tragedi Kanjuruhan Ditawari Jadi Anggota Polri

Metro Pagi Prime Time • 6 hours ago

Keluarga Almarhum Irsyad Aal Juned, remaja (17) asal Jombang, Jawa Timur, yang turut meninggal dunia dalam Tragedi Kanjuruhan mendapat tawaran menjadi anggota Polri.
 
Penawaran menjadi anggota kepolisian, disampaikan Kapolres Jombang saat mendatangi rumah duka di Desa Sumber Nongko, Ngusikan, Jombang, Jawa Timur. Tawaran tersebut diberikan kepada adik korban yakni Ahmad Yazid Novel Al Bustomi (15) yang diketahui selamat dalam tragedi karena tidak kebagian tiket menonton laga Arema FC vs Persebaya.

Menanggapi hal tersebut, keluarga akan mempertimbangkannya mengingat yang bersangkutan masih duduk dibangku kelas 3 SMP