NEWSTICKER

Index: 2023-05-29

KPK Panggil Wakil Bupati Kepulauan Meranti

KPK Panggil Wakil Bupati Kepulauan Meranti

Headline News • 25 minutes ago

MK Belum Putuskan Sidang Putusan Uji Materi Sistem Pemilu

MK Belum Putuskan Sidang Putusan Uji Materi Sistem Pemilu

Headline News • 30 minutes ago

Mahkamah Konstitusi (MK) belum memutuskan waktu pembacaan putusan uji materi sistem proporsional terbuka sejak sidang pemeriksaan terakhir yang digelar pada 23 Mei 2023.

Salah satu alasan MK belum memutuskan pembacaan uji materi sistem Pemilu karena hakim belum menggelar Rapar Permusyawaratan Hakim (RPH). Saat ini MK masih menunggu pihak-pihak terkait untuk menyampaikan kesimpulan para hakim setelah mengikuti tahapan persidangan.

Masa tenggang untuk mengumpulkan kesimpulan dari pihak terkait yakni 31 Mei 2023. Setelah kesimpulan dari pihak terkait sudah terkumpul, sembilan hakim konstitusi akan melakukan Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) untuk membuat pertimbangan-pertimbangan hingga pengambilan keputusan.

Diketahui, MK telah menggelar sidang terakhir uji materi sistem pemilu proporsional terbuka yang diatur dalam UU Pemilu, Selasa (23/5/2023). Majelis hakim konstitusi pun akan segera memutuskan gugatan tersebut.

"Ini adalah sidang terakhir," kata Wakil Ketua MK Saldi Isra dalam sidang terbuka yang ditayangkan di YouTube MK.

Uji materi mengenai sistem pemilu ini diajukan oleh enam orang. Mereka yakni, Demas Brian Wicaksono (pemohon I), Yuwono Pintadi (pemohon II), Fahrurrozi (pemohon III), Ibnu Rachman Jaya (pemohon IV), Riyanto (pemohon V), dan Nono Marijono (pemohon VI). Partai Nasdem, PKS dan PSI telah mengajukan diri sebagai pihak terkait dalam uji materi tersebut.

Apabila judicial review itu dikabulkan MK, sistem Pemilu 2024 mendatang akan berubah menjadi sistem proporsional tertutup. Dalam sistem proporsional tertutup, pemilih mencoblos tanda gambar partai politik pada surat suara, bukan foto calon anggota legislatif.

Mentan Ajak Masyarakat Ikut Jaga Ketersediaan Pangan

Mentan Ajak Masyarakat Ikut Jaga Ketersediaan Pangan

Selamat Pagi Indonesia • 32 minutes ago

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terus mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk menjadi lahan produktif, sehingga akan menjamin ketersediaan bahan pangan yang beragam agar dapat memenuhi pemenuhan gizi masyarakat. 

Hal tersebut disampaikan Syahrul Yasin Limpo saat menghadiri musyawarah cabang Pemuda Pancasila ke-11 Kota Bogor, Jawa Barat pada Minggu (28/5/2023) malam. 

Di depan seluruh pengurus dan anggota ormas Pemuda Pancasila Kota Bogor, Syahrul Yasin Limpo mengajak seluruh masyarakat termasuk anggota ormas PP untuk bersama-sama menjaga ketahanan pangan di Tanah Air.

Memanfaatkan pekarangan rumah yang dikelola secara terpadu dengan berbagai jenis tanaman, ternak dan ikan, sehingga dapat menjamin ketersediaan bahan pangan yang beraneka ragam guna pemenuhan gizi masyarakat.

Syahrul Yasin Limpo juga mengatakan, bahwa kehadiran ormas di Indonesia termasuk Pemuda Pancasila saat ini harus berani melihat tantangan kedepan dan dapat membuat pendekatan konsepsi yang menghadirkan ketentraman di tengah masyarakat. 

Harga Cabai dan Bawang di Pasar Tradisional Rangkasbitung Melambung

Harga Cabai dan Bawang di Pasar Tradisional Rangkasbitung Melambung

Selamat Pagi Indonesia • 33 minutes ago

Harga semua jenis cabai dan bawang di Pasar Tradisional Rangkasbitung, Lebak, Banten, terus mengalami kenaikan. Melambungnya harga bahan pokok ini menyusul kenaikan harga telur dan daging ayam. 

Harga cabai oranye yang sebelumnya dijual Rp40 ribu naik menjadi Rp50 ribu per kilogram. Sementara harga cabai rawit dan cabai merah keriting dari Rp35 ribu naik menjadi Rp40 ribu per kilogram. 

Begitu pula dengan harga bawang merah yang naik dari Rp30 ribu menjadi Rp35 ribu/kg. Bawang putih kini dijual Rp38 ribu dari sebelumnya Rp35 ribu/kg. Harga bawang bombay juga naik menjadi Rp50 ribu/kg

Salah satu pedagang mengaku kenaikan beberapa jenis bahan komoditi sudah berlangsung dalam tiga hari terakhir. Diprediksi harga akan kembali naik yang diikuti oleh berbagai jenis komoditi pangan lainnya.

Sementara salah satu warga berharap, pemerintah dapat segera menstabilkan harga bahan pangan yang terus mengalami kenaikan. Sebab kondisi ini sangat memberatkan di tengah daya beli masyarakat yang sedang turun.

Harga Telur dan Daging Ayam di Bandar Lampung Naik

Harga Telur dan Daging Ayam di Bandar Lampung Naik

Selamat Pagi Indonesia • 39 minutes ago

Harga sejumlah kebutuhan pokok mulai meningkat. Di pasar tradisional Bandar Lampung, harga telur dan daging ayam melonjak.

Harga telur ayam Rp31-32 ribu/kg. Padahal, harga normal hanya Rp25-28 ribu/kg. Kenaikan harga telur itu cukup signifikan selama sepekan ini. Bahkan, harga telur naik hingga Rp5 ribu hanya dalam tiga hari. Masyarakat terpaksa membeli telur pecah yang harganya jauh lebih murah. 

Harga daging ayam juga melambung hingga Rp40 ribu/kg dari Rp30 ribu/kg. Kenaikan harga itu masih bertahan hingga dua pekan ini. 

Hingga saat ini, belum ada upaya pemerintah dalam menekan harga bahan pokok. Padahal, Badan Pangan Nasional telah menginstruksikan pemerintah daerah (pemda) untuk menstabilkan harga komoditas pangan di pasar. 

Eks PPATK Kritik Hilangnya Kewajiban Caleg Serahkan LHKPN dalam PKPU

Eks PPATK Kritik Hilangnya Kewajiban Caleg Serahkan LHKPN dalam PKPU

Headline News • 45 minutes ago

KPU tak melakukan unsur pencegahan terjadinya korupsi ketika bacaleg itu terpilih.

Kasus Suap Perkara di MA, KPK Panggil Windy Idol

Kasus Suap Perkara di MA, KPK Panggil Windy Idol

Headline News • 53 minutes ago

Indonesia Hibahkan Vaksin Pentavalent untuk Nigeria

Indonesia Hibahkan Vaksin Pentavalent untuk Nigeria

Headline News • 54 minutes ago

Harga Telur Ayam di Pasar Tradisional Maros Tembus Rp65 Ribu/Rak

Harga Telur Ayam di Pasar Tradisional Maros Tembus Rp65 Ribu/Rak

Selamat Pagi Indonesia • 55 minutes ago

Harga kebutuhan pokok di sejumlah daerah mulai merangkak naik hingga mencapai 50%. Kenaikan tertinggi terjadi pada harga telur, daging ayam potong dan cabai. Di Pasar Sentral Butta Salewangan, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, sejumlah harga komoditas bahan pokok kembali merangkak naik.

Kenaikan terjadi pada bahan pangan telur ayam dan cabai besar. Saat ini harga telur ayam per raknya dihargai Rp65 ribu dari sebelumnya hanya Rp50 ribu/rak. Tidak hanya telur ayam, cabai besar pun juga mengalami kenaikan harga. Saat ini harga cabai dijual pedagang Rp40 ribu/kg dari sebelumnya Rp20 ribu.

Menurut pedagang, kenaikan kedua bahan pokok ini dipengaruhi minimnya pasokan dari distributor. Sementara itu, khusus kenaikan harga cabai dipengaruhi oleh anomali cuaca yang tidak menentu.
 
Selain itu, kenaikan harga juga terjadi di Pasar Tradisional Pasar Minggu, Kota Bengkulu, Bengkulu. Kenaikan harga yang signifikan terjadi pada harga daging ayam. Saat ini harga daging ayam dijual dengan harga Rp40 ribu/kg dari harga sebelumnya Rp25-28 ribu/kg. 
 
Kenaikan harga yang cukup signifikan juga terjadi pada telur ayam. Saat ini harga telur ayam menembus harga Rp55-58 ribu/karpet isi 30 butir. Kenaikan harga ini telah melampaui harga normal biasanya yang hanya berkisar antara Rp35-45 ribu/karpet.

Selain daging ayam dan telur, sejumlah kebutuhan pokok lainnya yang juga mengalami kenaikan yakni seperti cabai merah keriting yang dijual dengan harga Rp25 ribu/kg dari sebelumnya hanya Rp20 ribu. Sedangkan untuk cabai rawit dijual dengan harga Rp28 ribu/kg.
 
Menurut para pedagang, kenaikan harga bahan pokok akan terus terjadi. Pemerintah diminta untuk dapat segera menstabilkan kenaikan harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional sebelum kenaikan harga semakin tinggi. Terutama saat Hari Raya Iduladha mendatang.

 Indonesia Kolaborasi dengan Tony Blair Institute untuk Pemerintahan Digital

Indonesia Kolaborasi dengan Tony Blair Institute untuk Pemerintahan Digital

Headline News • 58 minutes ago

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyepakati kolaborasi dengan Tony Blair Institute of Global Change (TBI) untuk pengembangan sektor pemerintahan digital.
 

Festival Mangrove ke-4 Jawa Timur

Festival Mangrove ke-4 Jawa Timur

Selamat Pagi Indonesia • 1 hour ago

Festival mangrove keempat Jawa Tengah digelar di kawasan Hutan Mangrove Cengkrong, Kabupaten Trenggalek. Festival tersebut dilakukan sebagai upaya penyelamatan pesisir sekaligus peningkatan ekonomi masyarakat. 

Dalam festival tersebut, sejumlah stakeholder dan kelompok penyelamat lingkungan menggelar sejumlah kegiatan di antaranya, pelepasliaran ribuan burung, penanaman mangrove hingga pelepasan benih ikan. 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, festival mangrove tersebut merupakan salah satu upaya nyata dalam pelestarian dan penyelamatan pesisir selatan dari ancaman abrasi. Tak hanya itu, mangrove juga memiliki peran penting dalam menyerap emisi karbon.

Dalam kajian scientific, tanaman mangrove mampu menyerap karbon hingga lima kali lipat dibandingkan pohon darat. Khofifah menambahkan, terbentuknya ekosistem mangrove akan membawa dampak positif terhadap perekonomian masyarakat karena dapat menjadi habitat baru untuk ikan, kerang hingga kepiting. 

Selain itu, dapat menjadi alat ekonomi baru karena bisa dimanfaatkan menjadi aneka jenis olahan makanan, minuman, kerajinan hingga menjadi objek wisata. 

20 Ribu Bibit Kerang Mutiara Disebar di Perairan Pulau Kojadoi

20 Ribu Bibit Kerang Mutiara Disebar di Perairan Pulau Kojadoi

Selamat Pagi Indonesia • 1 hour ago

Sebanyak 20 ribu bibit kerang disebarkan di perairan Desa Binaan Lanal Maumere tepat di Desa Kojadoi, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (27/5/2023).

Uji coba penanaman bibit kerang budidaya mutiara tersebut bertujuan untuk membangun dan memperkuat ekonomi maritim dan kelautan bagi warga Desa Kojadoi agar lebih sejahtera.

Komandan Lanal Maumere, Kolonel Laut (P) Ady Dharmawan mengatakan, pihaknya bersama warga setempat melakukan penanaman sebanyak 20 ribu bibit kerang budidaya mutiara di perairan Pulau Kojadoi. Mengingat Desa Kojadoi tersebut sebagai lokasi kampung Bahari Nusantara TNI Angkatan Laut Lanal Maumere (KBN TNI AL Lanal Maumere).

Selain di Desa Kojadoi, penanaman bibit kerang mutiara ini juga dilakukan di area Mako Lanal Maumere sebagai upaya menyejahterakan para Prajurit Lanal Maumere.

"Dengan adanya penanaman kerang-kerang ini di sekitar Lanal, kedepannya tidak saja prajurit Lanal Maumere yang akan sejahtera, namun warga sekitar pun akan ikut sejahtera, karena hal ini merupakan kegiatan Potensi Maritim (Potmar)," ujar Komandan Lanal Maumere, Kolonel Laut (P) Ady Dharmawan.

Minibus Terperosok ke Jurang Liku 9 Bengkulu, 1 Tewas

Minibus Terperosok ke Jurang Liku 9 Bengkulu, 1 Tewas

Headline News • 1 hour ago

Minibus yang membawa empat penumpang asal Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, jatuh ke jurang sedalam 50 meter di Jalan Liku 9, Taba Penanjung, Bengkulu Tengah. 

Kecelakaan tunggal itu mengakibatkan seorang penumpang, Dwi Wahyuni Indrawati (62), meninggal di tempat. Tiga penumpang lain terluka di bagian kaki dan tangan akibat pecahan kaca mobil. 

Saat ini, para korban dirawat di RSUD Kabupaten Bengkulu Tengah. Sementara minibus yang terperosok ke jurang akan dievakuasi pagi ini, Senin (29/5/2023).

Kasatlantas Polres Bengkulu Tengah, Iptu Wiyanto menyatakan, penyebab sementara kecelakaan karena sopir bus mengantuk dan hilang kendali.  

Waskita Karya di Tepi Jurang Kepailitan

Waskita Karya di Tepi Jurang Kepailitan

Headline News • 1 hour ago

Jelang Peringatan Tri Suci Waisak 2567 BE/2023

Jelang Peringatan Tri Suci Waisak 2567 BE/2023

Selamat Pagi Indonesia • 1 hour ago

Peringatan Hari Raya Waisak 2567 BE/2023 jatuh pada 4 Juni 2023. Tema besar peringatan Waisak adalah kebersatuan. Tema ini dipilih mengingat Indonesia sebentar lagi memasuki transisi pemerintahan. 

"Ini menjadi sangat penting, sehingga dengan makna Waisak yang bertemakan persatuan ini akan memperkuat dan memperteguh masyarakat Indonesia," jelas Dirjen Bimas Buddha Supriyadi dalam Selamat Pagi Indonesia, Metro TV, Senin (29/5/2023). 

Waisak juga menjadi momentum bagi umat Buddha serta seluruh masyarakat Indonesia bersatu. "Ini kesempatan bagus untuk kita refleksi agar menjadi orang yang lebih baik, responsible, rukun, dan bisa melakukan hal baik untuk society bukan anggota Buddha saja," kata Wakil Ketua Panita Waisak Nasional Walubi 2567 BE/2023 Karuna Murdaya. 

Sementara tema spesifik Waisak 2023 adalah Aktualisasikan Ajaran Buddha Dharma dalam Kehidupan Sehari-Hari.

"Jadi diharapkan dharma yang Buddha sudah berikan pada kita umat manusia aplikasikan, sehingga membawa nilai-nilai spiritual dalam diri kita semua," ujar Wakil Ketua Panita Waisak Nasional Walubi 2567 BE/2023 YM Bhikkhu Dhammavuddho Thera.

PSSI Datangkan Direktur Teknik dari Jerman

PSSI Datangkan Direktur Teknik dari Jerman

Breaking News • 1 hour ago

Cakradata: Terdapat 2.594 Percakapan di Jagat Maya yang Membahas Polemik Sistem Pemilu

Cakradata: Terdapat 2.594 Percakapan di Jagat Maya yang Membahas Polemik Sistem Pemilu

Selamat Pagi Indonesia • 1 hour ago

Head of Cakradata Muhammad Nurdiyansyah mengatakan, pada periode 1-23 Mei 2023 berdasarkan media monitoring dari Cakradata terdapat 2.594 percakapan di jagat maya yang membahas polemik sistem pemilu. Perbincangan warganet kembali muncul dengan adanya keputusan Mahkamah Konstitusi yang tak kunjung diumumkan. 

"Terdapat beberapa latar belakang yang mendorong terhadap percakapan publik ini kembali meningkat, yang paling utama salah satunya adalah soal keputusan MK yang saat ini masih terus ditunggu-tungu dan warganet menilai ini sudah masuk masa injury time," kata Head of Cakradata Muhammad Nurdiyansyah.

Head of Cakradata Muhammad Nurdiyansyah juga mengatakan, dari 2.594 percakapan tersebut lebih dari 50?nderung pro terhadap sistem proporsional terbuka. 

"Persentase sentimen lebih banyak negatif terhadap proporsional tertutup," ucap Muhammad Nurdiyansyah.

Beda Pilihan Masyarakat soal Pemilu Terbuka atau Tertutup

Beda Pilihan Masyarakat soal Pemilu Terbuka atau Tertutup

Selamat Pagi Indonesia • 2 hours ago

Masyarakat masih menunggu sistem Pemilu 2024 yang sebentar lagi diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi, apakah terbuka atau tertutup. Pilihan dari kalangan masyarakat juga beragam mengingat kedua sistem tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Salah satu warga, Ichsan Loulembah mengaku tidak bisa memilih satu di antaranya kedua sistem tersebut. Menurutnya, sistem apapun baik asal dikelola dengan benar.

"Kalau tata cara pemilihan calon di dalam partai mekanismenya bagus, sistem tertutup bagus juga. Kalo pengawasan di lapangan di dalam pemilihan umum itu bagus hingga ke TPS, ya terbuka oke," kata Ichsan Loulembah.

Sementara itu. Rafi Assidiq mengaku sudah nyaman dengan sistem proposional terbuka dalam Pemilu. Namun, Rafi mengatakan faktanya kedua sistem tersebut terlihat sama saja.

"Kalau terbuka kan kita bisa liat langsung calonnya siapa, kita kenal, track recordnya bagaimana kalau misalkan dia putra daerah di lingkungan kita jadi kan kita lebih nyaman untuk memilihnya. Tapi kalau tertutup kan kita lebih banyak menyerahkan segala macam keputusan itu kan kepada para elite partai yang kita coblos gitu," kata Rafi Assidiq.

Mahkamah Konstitusi akan segera memutuskan apakah Pemilu 2024 nanti menggunakan sistem proporsional terbuka atau tertutup. Sebetulnya, kedua sistem tersebut pernah diterapkan di Indonesia. 

Sistem proporsional tertutup pernah diterapkan di pemilu era orde lama hingga orde baru, sementara sistem proporsional terbuka diterapkan sejak pemilu 2009.

Melalui sistem proporsional tertutup, pemilih akan disodorkan lembar berisi daftar partai politik untuk dipilih. Dalam lembar tersebut tidak ada nama kandidat, hanya ada logo partai. Nantinya parpol yang mempunyai akumulatif suara terbanyak dapat menentukan siapa kader yang akan duduk di kursi parlemen berdasarkan nama susunan partai. 

Sementara sistem proporsional terbuka mewajibkan partai politik untuk mengirimkan daftar nama kandidat terbaiknya. Daftar ini nantinya akan dimuat dalam lembar suara. Jadi pemilih mengetahui calon legislatif yang dipilih. 

Polemik Pemberhentian Endar Priantoro dari KPK Bakal Disidangkan

Polemik Pemberhentian Endar Priantoro dari KPK Bakal Disidangkan

Headline News • 2 hours ago

Polemik pemecatan Brigjen Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan KPK akan naik ke tahap persidangan. Dewas KPK hanya tinggal melengkapi berkas berita acara sebelum aduan itu naik ke persidangan.

"Sampai saat ini (permintaan klarifikasi) sudah cukup," kata anggota Dewas KPK Albertina Ho kepada Medcom.id, Senin (29/5/2023). 

Sejumlah pihak sudah dimintai keterangan terkait laporan tersebut. Salah satunya Ketua KPK Firli Bahuri yang diperiksa bersama dengan empat komisioner lainnya.

KPK mencopot Endar sebagai Direktur penyelidikan KPK pada 30 Maret 2023. Namun, Endar tidak terima dengan keputusan tersebut karena Kapolri memperpanjang masa penugasannya di KPK pada 29 Maret 2023. Ia melaporkan Ketua KPK Firli Bahuri dan Sekjen KPK Cahya Harefa ke Dewas KPK.

Perludem Tunggu Putusan Resmi MK soal Sistem Proporsional Pemilu

Perludem Tunggu Putusan Resmi MK soal Sistem Proporsional Pemilu

Selamat Pagi Indonesia • 2 hours ago

Dalam waktu dekat, Mahkamah Konstitusi (MK) akan memutuskan apakah Pemilu 2024 akan berlangsung secara tertutup atau terbuka. Di tengah isu MK bakal putuskan pemilu tertutup, Perludem memilih untuk menunggu putusan resmi.

"Kita tetap harus menghormati MK. Kita tunggu MK karena prosesnya sedang berjalan," kata Dewan Pembina Perludem Titi Anggraini dalam Selamat Pagi Indonesia, Metro TV, Senin (29/5/2023). 

Titi menjelaskan, pihak terkait dalam sidang judicial review soal sistem pemilu masih diberi kesempatan untuk menyampaikan dokumen kesimpulan ke MK sampai 31 Mei 2023. Setelah itu, MK akan menggelar Rapat Permusyawaratan Hakim.

MK diyakini akan berpihak pada kemerdekaan institusi peradilan. Apalagi, putusan soal sistem pemilu ini berpengaruh besar pada masa depan demokrasi Indonesia.

"Mari bersama-sama kita teguhkan MK untuk tidak mengambil langkah yang justru akan memundurkan demokrasi kita dan kredibilitas MK," ujar Titi.

Ini Layanan Jemaah Haji Indonesia saat di Madinah

Ini Layanan Jemaah Haji Indonesia saat di Madinah

Infographic • 2 hours ago

Jemaah haji reguler gelombang satu yang tiba di Tanah Suci akan mendapatkan layanan haji selama di Kota Madinah. Berikut ini beberapa layanan haji yang diberikan ke jemaah dari pemondokan hingga konsumsi.

Petugas haji
-Daerah kerja (daker) Madinah 162 petugas
-Daker Bandara AMAA 278 petugas 
-Penugasan mulai 21 Mei sampai 4 Agustus 2023

Akomodasi
-Ada 94 hotel minimal setara bintang 3
-Penginapan dengan sistem sewa semi musim dan blocking time

Konsumsi
-Makan 3 kali sehari selama 9 hari
-Menu makanan cita rasa Nusantara di 21 katering